7 Penyebab kanker Paru Yang Mudah Diketahui

Monday, April 16th 2018. | Penyakit Paru Paru

Penyebab kanker Paru

Kanker Paru Paru

Kanker paru-paru adalah suatu kondisi dimana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru (organ yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas). Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi.

Meskipun begitu, kanker paru-paru termasuk salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Kondisi ini kebanyakan diderita oleh para perokok aktif dan pasif. Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.

Berdasarkan data WHO, kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang laki-laki Indonesia. Berdasarkan data Globocan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012, di Indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria dan 9.374 kasus yang menimpa wanita.

Hasil penelitian pada 100 Rumah Sakit di Jakarta menunjukkan bahwa kanker paru merupakan kasus kanker terbanyak pada laki-laki, dan nomor empat terbanyak pada wanita. Angka kejadian kanker paru cukup rendah pada usia di bawah 40 tahun, dan semakin meningkat hingga usia 70 tahun.

Tingkat kasus dan tingkat kematian kanker paru bertumbuh dengan cepat, jenis penyakit ini merupakan salah satu jenis tumor ganas yang paling mengancam kesehatan manusia, menduduki tingkat pertama pada kaum pria dan tingkat kedua untuk kaum wanita. Berapa lama pasien kanker paru dapat bertahan hidup? Berikut adalah hasil survei medis :

Stadium 0 : Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun mencapai 70-80%

Stadium 1 : Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun mencapai 50%

Stadium 2 : Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun mencapai 30%

Stadium 3 : Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun mencapai 5-15%

Stadium 4 : Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun <2%

Dari data di atas, kita sama-sama dapat melihat, meskipun termasuk stadium awal, namun tingkat kelangsungan hidup 5 tahun bagi pasien kanker paru lebih rendah dibandingkan jenis pasien kanker lainnya, ini menjadi ancaman serius bagi hidup pasien. Oleh karena itu, bagi para pasien kanker paru, setelah terdiagnosa segeralah memilih opsi pengobatan terbaik, sehingga dapat secara efektif meningkatkan tingkat kelangsungan hidup jangka panjang.

 

Penyebab Kanker Paru Paru

1. Genetika

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa jika anggota keluarga terdekat Anda menderita kanker paru-paru, maka Anda mungkin memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi. Keluarga dekat yaitu: Ibu Ayah Saudara kandung Bibi Paman Eyang Meskipun tidak merokok, jika ada faktor keturunan, maka tetap saja Anda akan memiliki risiko yang lebih tinggi. Namun tidak jelas apakah faktor genetika ini yang menyebabkan kanker paru-parunya atau hanya meningkatkan kepekaannya saja. Baca Juga : kanker Paru Paru Dan Penyebabnya

2. Usia

Menurut American Cancer Society, kanker paru-paru kebanyakan terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Dua dari tiga orang yang didiagnosis menderita kanker paru-paru berusia 65 tahun atau lebih. Usia rata-rata pada saat diagnosis adalah sekitar 70 tahun. Semakin tua, dan semakin sering lama lama seseorang terpapar bahan kimia berbahaya, maka akan meningkatkan risiko timbulnya kanker.

3. Riwayat Penyakit Paru-Paru Sebelumnya

Penyakit paru-paru sebelumnya yang pernah dialami, dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan serta bekas luka di paru-paru. Contoh penyakit ini seperti tuberkulosis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis kronis , dan emfisema. Anda mungkin berisiko lebih besar terkena kanker paru jika Anda memiliki riwayat penyakit kronis seperti itu.

4. Terapi Radiasi

Siapa sangka, terapi yang dijalani untuk pengobatan malah bisa menjadi penyebab kanker paru-paru. Radioterapi atau terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker lain seperti limfoma non hodgkin dan kanker payudara dapat meningkatkan risiko munculnya kanker paru-paru. Resiko ini akan menjadi lebih tinggi jika Anda merokok.

5. Asap rokok

Sekalipun Anda tidak merokok (perokok pasif), namun paparan asap rokok yang terhirup dari perokok disekitar Anda dapat menjadi faktor penyebab kanker paru-paru. Paparan ini bisa terjadi di manapun Anda berada, seperti: Rumah Tempat kerja Restoran atau cafe Bar Angkutan umum Dikutip dari BBC, bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan tingkat kematian perokok pasif mencapai 600.000 jiwa per tahun, termasuk anak-anak atau sekitar 1 % dari angka kematian di dunia.

6. Radon

Radon adalah gas radioaktif alami yang terjadi akibat proses hancurnya uranium di batuan dan tanah. Zat ini tidak berbau, tidak berwarna, dan hambar. Gas ini bisa meresap ke dalam fondasi bangunan dan ruang kerja Anda. Radon sulit dideteksi dan Anda bisa terpapar tanpa menyadarinya. Orang yang merokok memiliki peningkatan risiko yang lebih tinggi akibat efek radon dibandingkan mereka yang tidak merokok. Radon menjadi penyebab utama kedua kanker paru-paru di Amerika Serikat, menurut CDC.

7. Bahan kimia lainnya

Paparan dari zat kimia lainnya juga dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker paru-paru. Berikut contoh zat kimia yang bisa menjadi penyebab kanker paru-paru:

  • Arsenik
  • Berilium
  • Kadmium
  • Vinil klorida
  • Senyawa nikel
  • Senyawa kromium
  • Produk batubara
  • Gas mustard Klorometil eter
  • Asap knalpot dari mesin diesel

Gejala Kanker Paru Paru

Gejala yang timbul dari penyakit kanker yang satu ini umumnya akan tergantung pada letak pertumbuhan dan tingkat penyebaran tumor yang sudah terlanjur berkembang dibagian paru. Pada kebanyakan kasus, kanker paru-paru tidak menunjukan gejala pada tahapan awal. Akan tetapi, sebagai gejala umum yang datang pertama kali ketika seseorang mengidap kanker jenis ini biasanya adalah berupa gejala ringan dan akan berlanjut pada gejala yang lebih khusus apabila tingkatannya sudah berlanjut.

Untuk mengetahui secara pasti salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan secara rutin melakukan pemeriksaan medical checkup (MCU). Nah, untuk mengetahui seperti apa saja gejala yang akan muncul menandai penyakit kanker paru-paru diantaranya adalah:

  • Batuk kering yang baru muncul namun tak kunjung sembuh
  • Batuk kronis atau batuk lama terutama pada perokok.
  • Penyakit pneumonia atau bronkitis yang sering berulang
  • Nyeri dada
  • Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak
  • Batuk berdarah
  • Sesak napas
  • Nafas pendek dan bengek seperti orang asma

Gejala lain yang menyertainya:

  • Suara serak/parau.
  • Ujung jari membesar dan terasa sakit
  • Emosi yang tidak stabil, mood berubah-ubah, lesu, depresi
  • Pertumbuhan dada yang tidak normal pada laki-laki
  • Berat badan menurun dan kehilangan nafsu makan
  • Nyeri tulang
  • Sakit kepala

 

Pengobatan Kanker Paru Paru

tags: , , , , , , ,